Share Jika Bermanfaat
makanan kaleng tidak baik untuk penderita asam urat

Bagaimana Cara Penyembuhan Asam Urat dan Kolesterol?

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang banyak di derita oleh laki-laki yang telah berumur 30 tahun. Sedangkan untuk perempuan, resiko terkena penyakit ini akan bertambah saat mereka telah memasuki masa menopause. Penyakit asam urat ini disebabkan karena adanya kristal asam urat pada persendian seseorang. Dalam hal ini, kadar asam urat yang melebihi asam urat normal akan menyebabkan sakit pada persendian. Umumnya, sakit sendi ini terjadi pada daerah tertentu saja seperti pada jari tangan, jari kaki, lutut sampai pergelangan kaki.

apel untuk penderita asam urat

Kemudian, gejala yang akan dialami oleh para penderita cukuplah kompleks mulai dari rada sakit hingga bagian tubuh tersebut sulit untuk digerakkan hingga nantinya akan bengkak. Selain itu, para penderita pun akan rasakan panas dan warna kemerahan pada daerah yang sakit tersebut. Durasi waktu sakit yang cukup lama sebab bisa sampai 10 jam membuat para penderita akan sangat tersiksa. Bahkan setelah sakit mereda, kulit akan menjadi bersisik dan gatal.

Selain asam urat, ada pula penyakit kolesterol yang menyebabkan banyak orang harus memperhatikan pola makan mereka. Seperti yang kita tahu bahwa asam urat maupun kolesterol bisa membuat penderitanya merasakan sakit bahkan untuk kolesterol hal ini bisa memicu penyakit yang lebih berbahaya seperti jantung. Oleh karena itu, cara menyembuhkan asam urat dan kolesterol yang tepat harus dilakukan.

Cara Menyembuhkan Asam Urat dan Kolesterol

Asam urat dan kolesterol merupakan penyakit yang banyak diderita oleh mereka yang telah berumur meskipun pada beberapa kasus ada yang menderita kolesterol misalnya di usia muda. Kemudian, karena kedua penyakit ini tidak bisa dianggap enteng sebab bisa memicu penyakit lain yang lebih parah, maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk anda yang ingin sembuh dari kedua penyakit tersebut.

Hal pertama yang dapat anda lakukan ialah dengan menurunkan level asam urat dan kolesterol. Hal ini akan sangat berkaitan dengan pola hidup sehat yang wajib anda lakukan. Selain melakukan pola hidup sehat, para oenderita juga sebaiknya secara rutin mengecek kesehatannya ke dokter agar bisa diketahui apakah penyakit asam urat dan kolesterol mereka semakin membaik atau justru sebaliknya.

Makanan untuk Menurunkan Asam Urat dan Kolesterol

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika penyakit asam urat dan juga kolesterol selain karena faktor keturunan juga dipicu karena pola hidup yang kurang sehat dalam hal ini ialah mengenai pola makan. Karena banyaknya jenis makanan yang diinovasikan saat ini, banyak orang yang hanya mementingkan kepuasan lidahnya saja tanpa memikirkan apakah makanan tersebut baik untuk kesehatan atau tidak. Maka dari itu, untuk anda yang ingin menyembuhkan kedua penyakit tersebut atau setidaknya membuat level kolesterol dan asam urat normal, berikut ini ada beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol maupun asam urat.

Alpukat untuk penderita kolestrol

Download Ebook Gratis

Bagaimana Toksin/Racun Bisa Merusak Tubuh Anda dan Temukan
Juga Cara Yang Tepat Untuk Membuang Toksin Yang Sudah
Menumpuk Didalam Tubuh Anda Selama Bertahun-Tahun.

1. Makanan berserat tinggi

Makanan pertama yang sangat disarankan untuk dikonsumsi yaitu makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Tentu saja, dalam hal ini para penderita harus mengkonsumsi beberapa makanan seperti oats dan beberapa jenis sayuran misalnya brokoli, seledri dan wortel. Cara penyajian yang tepat juga akan memperngaruhi kandungan gizi yang terkandung.

2. Sayuran

Sayuran jelas menjadi makanan yang sangat menyehatkan. Jadi, selain beberapa jenis sayuran yang telah disebutkan di atas, sayuran lain pun akan baik untuk dikonsumsi. Namun, yang harus diingat ialah ada beberapa sayuran yang justru bisa memicu asam urat seperti melinjo.

3. Buah chery

Buah merah mungil ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Kandungan magnesium yang ada akan sangat membantu tubuh untuk mengurangi rasa nyeri yang terjadi akibat dari asam urat yang kambuh. Manfaat lain pun akan didapatkan yaitu cherry bisa membantu kurangi bengkak yang terjadi.

4. Buah apel

Selain cherry, apel pun memiliki manfaat yang baik untuk menurunkan asam urat dan kolesterol. Dalam hal ini, apel bisa membantu tubuh untuk mengeluarkan zat asam urat yang ada. Ada pula antioksidan yang akan membantu tubuh menjadi lebih sehat karena melindunginya dari radikal bebas.

5. Buah alpukat

Bukan hanya nikmat untuk dijus saja, buah alpukat pun memiliki manfaat yang banyak. Kadar gula yang rendah dalam buah ini akan sangat baik dikonsumsi oleh para penderita kolesterol. Mereka bisa konsumsi buah alpukat secara rutin tanpa harus khawatir jika kolesterol mereka bisa naik.

6. Buah pisang

Kemudian, ada juga buah pisang yang memang telah terkenal kaya akan manfaat baik. Tidak heran jika pisang bisa dikonsumsi oleh siapa saja mulai dari bayi hingga orang dewasa, konsumsi pisang akan memberikan manfaat baik. Kandungan gizi yang tinggi dalam buah ini pun baik untuk penderita kolesterol dan asam urat.

daging merah pantangan untuk penderita kolesterol

Yakinkah Kita Sehat Saat ini? Check Sekarang

Pantangan Makanan Asam Urat dan Kolesterol

Selain beberapa makanan baik untuk dikonsumsi yang telah disebutkan di atas, ada juga makanan lain yang sebaiknya anda waspadai. Mengapa? Hal ini disebabkan karena makanan-makanan berikut bisa memicu kambuhnya penyakit kolesterol dan asam urat. Untuk lebih jelasnya, inilah ulasan singkatnya sebagai berikut.

1. Makanan kaleng

Makanan kaleng memang sangat menggoda. Cara penyajian yang praktis membuat banyak orang memilih makanan kaleng sebagai menu sehari-hari. Namun sayangnya makanan kaleng seperti sarden dan kornet tidaklah begitu baik untuk kesehatan. Apalagi bagi mereka yang memiliki sakit kolesterol dan asam urat, mengkonsumsi makanan ini bisa memicu kambuhnya penyakit tersebut.

2. Jeroan

Jeroan mungkin menjadi makanan favorit bagi sebagian orang. Akan tetapi, mengkonsumsi jeroan yang terlalu sering bisa memicu asam urat dan juga kolesterol. Maka dari itu, akan lebih baik untuk penderita kedua penyakit tersebut untuk menghindari konsumsi jeroan.

3. Beberapa sayuran

Bagi penderita asam urat, sayur memang pilihan makanan yang tepat. Namun, beberapa sayur seperti buncis, daun pepaya, bayam dan melinjo sebaiknya dihindari sebab sayuran yang telah disebutkan itu justru bisa memicu kambuhnya asam urat. Akan lebih baik jika anda memilih sayuran lain.

4. Daging merah

Mengkonsumsi daging merah memang sangat nikmat. Sayangnya kandungan purin dan juga kolesterol dalam daging merah membuat para penderitan asam urat maupun kolesterol wajib menghindarinya jika tidak ingin penyakit mereka kambuh. Olahan daging ini pun seperti dendeng dan abon sebaiknya tidak dikonsumsi. Daging merah disini misalnya ialah daging sapi, daging kambing dan daging kuda.

5. Daging kalkun

Pantangan makanan asam urat lainnya ialah daging kalkun. Bagi para pecinta daging kalkun dan memiliki penyakit asam urat, mereka harus mulai untuk menghindari konsumsi daging yang satu ini. Menurut penelitian, daging kalkun memiliki kandungan purin yang sangat tinggi sehingga bisa memicu kambuhnya asam urat. Para penderita lebih disarankan untuk mengkonsumsi ikan selain ikan teri, ikan asin dan tuna.

Jika anda ingin tubuh lebih sehat dan terhindar dari asam urat dan kolesterol, sebaiknya anda juga melakukan detoksifikasi terhadap tubuh anda. Apa sih detoksifikasi itu? detoksifikasi adalah proses pembuangan racun-racun didalam tubuh kita yang sudah terakumulasi selama bertahun-tahun. Untuk penderita asam urat dan kolesterol saya sarankan cara ini untuk membersihkan tubuh anda dari racun. Silahkan klik disini untuk info lebih lanjut mengenai detoksifikasi.

About the Author Endah Setyarini

Assalamulaikum, Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel di blog ini. Semoga artikel yang saya tulis bisa memberikan manfaat untuk kalian.

follow me on:

Leave a Comment:

2 comments
Add Your Reply