Share Jika Bermanfaat
Obat Alami Asam Urat

Informasi Lengkap Tentang Cara Mengatasi Asam Urat Secara Alami

Asam urat atau gout adalah sebuah kondisi di mana terdapat gejala nyeri tak tertahankan, rasa panas pada persendian hingga pembengkakan. Semua sendi pada tubuh manusia dapat terkena penyakit asam urat ini, namun umumnya asam urat paling sering terjadi pada jari tangan, pergelangan kaki, lutut hingga jari kaki. Laki-laki umumnya akan lebih rawan terkena asam urat daripada perempuan, terutama pada usia di atas tiga puluh tahun. Sementara pada perempuan, asam urat rentan terjadi setelah melewati masa menopause. Berikut akan diuraikan secara lebih lanjut mengenai asam urat serta cara mengatasi asam urat yang tepat.

Penyebab dan Diagnosis Penyakit Asam Urat

Seringkali kita salah mengira asam urat sebagai reumatik, padahal keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Reumatik adalah rasa sakit yang terjadi pada otot atau persendian di mana terjadi peradangan. Sedangkan asam urat adalah salah satu penyebab dari nyeri pada bagian persendian. Mengenali gejala dari asam urat akan membuat kita dapat membedakannya dengan nyeri sendi yang terjadi sebagai akibat dari kondisi lainnya. Kesalahan lain terkait asam urat adalah bahwa seringkali orang mengira tingginya kadar asam urat dalam darah akan memicu penyakit asam urat. Namun hal ini sebenarnya tidaklah benar. Hanya sepertiga dari orang dengan kadar asam urat tinggi yang akan mengalami penyakit asam urat.

Obat Tradisional Asam Urat

Gejala nyeri serta pembengkakan yang terjadi pada penderita penyakit asam urat disebabkan oleh adanya tusukan kristal tajam pada sekitar sendi sebagai akibat dari penumpukan zat asam urat. Seseorang yang gemar mengonsumsi aneka makanan dengan kadar asam urat yang tinggi seperti jeroan, daging merah serta hidangan laut atau seafood akan dapat terkena penyakit asam urat. Demikian juga dengan orang yang gemar mengonsumsi alkohol. Penyakit ini juga dapat diderita oleh orang yang memiliki diabetes, obesitas, hipertensi serta penyakit ginjal kronis. Penyebab lain dari penyakit asam urat adalah faktor genetik atau keturunan, di mana seseorang yang memiliki riwayat asam urat dalam keluarganya maka besar kemungkinan akan dapat menderita asam urat juga.

Apabila telah menemukan gejala penyakit asam urat, maka segeralah menemui dokter. Diagnosis dokter akan melalui serangkaian pemeriksaan serta tes guna memastikan ada atau tidaknya kristal natrium urat yang ada dalam persendian. Hal ini diperlukan guna mengetahui benar atau tidaknya seseorang menderita asam urat atau hanya sakit sendi biasa. Pemeriksaan kadar asam urat juga kadang akan dilakukan. Dokter juga umumnya akan bertanya mengenai lokasi sendi mana saja yang terasa sakit, seberapa sering gejala terjadi dan seberapa cepat gejala muncul, obat-obatan tertentu yang sekarang sedang dikonsumsi serta ada atau tidaknya riwayat penyakit asam urat ini dalam keluarga.

Penanganan Penyakit Asam Urat: Medis dan Alami

Fokus penanganan penyakit asam urat sendiri terbagi dua, yaitu fokus pada meringankan gejala serta fokus agar serangan yang sama tidak terulang kembali. Dalam meringankan gejala, penderita bisa menempelkan kantong es ke bagian sendi yang sakit. Obat-obatan dalam meredakan rasa sakit juga bisa dikonsumsi, di antaranya adalah colchichine, obat anti inflamasi non steroid serta obat-obatan lain dalam golongan steroid. Sedangkan dalam mencegah kambuhnya kembali serangan penyakit ini, dapat dikonsumsi obat untuk menurunkan kadar asam urat, misalnya adalah allopurinol. Penderita juga sebaiknya menghindari jenis-jenis makanan yang bisa memicu asam urat. Menurunkan berat badan juga perlu apabila penderita mengalami obesitas.

Kombinasi dari obat-obatan dokter serta pola hidup yang sehat akan mempercepat kesembuhan penyakit asam urat. Cara mengatasi asam urat ini terutama penting untuk diterapkan karena asam urat dapat menimbulkan komplikasi. Walau jarang terjadi, namun tetap saja kita harus mewaspadainya. Beberapa komplikasi yang dapat terjadi sebagai akibat dari penyakit asam urat di antaranya adalah muncul benjolan keras atau tofi pada sekitar area yang meradang. Dapat pula terjadi kerusakan sendi yang permanen sebagai akibat dari tofi dalam sendi. Kerusakan ini terutama terjadi pada asam urat yang terus diabaikan selama beberapa tahun. Komplikasi lain yang dapat terjadi adalah penyakit batu ginjal.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Tradisional

Mengingat bahaya yang mengintai dari komplikasi asam urat, penting untuk mengetahui cara-cara pengobatan asam urat, baik secara medis maupun tradisional. Pengobatan secara tradisional ini terutama banyak menggunakan tanaman obat asam urat serta perubahan pola hidup ke arah yang lebih sehat. Berikut adalah beberapa di antaranya. Yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan dengan sifat basa seperti buah, sayur serta biji-bijian. Makanan seperti ini dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Makanan basa dapat melarutkan asam urat serta mengeluarkannya bersama urin.

Download Ebook Gratis

Bagaimana Toksin/Racun Bisa Merusak Tubuh Anda dan Temukan
Juga Cara Yang Tepat Untuk Membuang Toksin Yang Sudah
Menumpuk Didalam Tubuh Anda Selama Bertahun-Tahun.

mengatasi-asam-urat-secara-alami

Kedua, konsumsilah jus buah cherry. Buah cherry memiliki kandungan senyawa asam cukup pekat. Asam ini dapat mengimbangi asam urat dalam darah serta urin. Buah cherry juga memiliki kandungan nutrisi dan kalium yang salah satu manfaatnya adalah meringankan rasa sakit di bagian persendian tubuh. Tidak hanya itu, dalam buah cherry juga terdapat antioksidan serta anti inflamasi yang dapat mencegah radikal bebas dan peradangan. Di samping jus buah cherry, penderita asam urat juga dapat mengonsumsi jus buah lemon. Sifat asam dalam buah lemon dapat mengobati kadar asam urat yang tinggi. Tubuh juga akan terdorong untuk memproduksi kalsium karbonat yang dapat menetralkan kadar asam urat tinggi.

Cara menurunkan asam urat secara alami berikutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi vitamin C. Vitamin C termasuk vitamin yang efektif dalam mengatasi peradangan pada sendi. Dalam vitamin C juga terkandung anti oksidan yang bisa meringankan nyeri serta mencegah efek buruk dari radikal bebas. Vitamin C dapat diperoleh dari aneka buah-buahan seperti jambu, jeruk serta kiwi. Penderita asam urat dapat mengonsumsinya secara langsung atau dibuat menjadi jus agar lebih nikmat dikonsumsi. Cara lainnya dalam menurunkan asam urat adalah dengan mengonsumsi cuka madu. Cuka madu seringkali disebut propolis dan biasa dijual dalam bentuk kemasan siap konsumsi. Propolis sendiri merupakan kumpulan dari resin lebah yang dapat membantu memberi sifat basa di dalam tubuh.

Paket Obat Untuk Asam Urat

Propolis ini termasuk cukup efektif dalam menetralkan kadar asam urat yang tinggi. Propolis dapat diperoleh di toko obat herbal dan umumnya dijual sebagai campuran dalam madu. Penyembuhan asam urat juga bisa didapat lewat konsumsi air putih yang cukup. Konsumsilah delapan hingga sepuluh gelas air putih dalam sehari. Air putih dapat melarutkan asam urat yang terdapat dalam ginjal sehingga jumlahnya dalam tubuh tidak menumpuk dan tidak akan menyebabkan asam urat. Kadar asam urat tak akan pekat dan tidak akan juga mengkristal di sendi. Selain dengan beberapa cara di atas, kita juga bisa meracik sendiri obat untuk asam urat dari beberapa tanaman alami yang tersedia di sekitar kita.

Cengkeh Obat Asam UratTanaman obat asam urat pertama adalah cengkeh serta ubi jalar. Keduanya ternyata dapat menjadi obat asam urat yang sangat manjur serta telah digunakan sejak zaman dahulu. Pertama siapkan lima butir cengkeh, lima butir kapulaga, satu jari kayu manis, lima gram biji pala, lima belas gram jahe merah, seribu mililiter air serta dua ratus gram ubi jalar. Cuci bersih semua bahan yang disiapkan lalu rebus dalam seribu mililiter air yang telah disiapkan. Rebus hingga mendidih dan air tersisa setengahnya. Setelah mendidih, matikan api dan diamkan hingga hangat. Saring air rebusan tersebut lalu konsumsi saat masih hangat.
Cara menurunkan asam urat menggunakan bahan tradisional yang kedua adalah dengan memanfaatkan daun salam. Daun salam umumnya akan digunakan sebagai salah satu bahan tambahan dalam masakan untuk menambah citarasa makanan berkat aromanya yang khas. Namun kali ini, daun salam juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar asam urat. Siapkan daun salam sebanyak sepuluh lembar serta air sebanyak dua gelas. Cuci bersih daun salam terlebih dahulu sebelum diracik sebagai obat. Rebus dan tunggu hingga mendidih sampai menyisakan satu gelas air. Konsumsi air rebusan ini secara rutin sebanyak dua kali dalam tiga hari. Setelah satu bulan, kita sudah dapat melihat hasilnya.

Di samping menggunakan cengkeh dan daun salam, kita juga bisa memanfaatkan daun sosor bebek sebagai obat asam urat dan kolesterol. Racikan herbal dari daun sosor bebek ini masih memanfaatkan cengkeh, jahe dan rempah-rempah pilihan lain. Siapkan lima butir cengkeh, lima butir kapulaga, empat lembar daun sosor bebek, satu jari kay manis, lima gram biji pala, sepuluh gram jahe serta enam ratus mililiter air. Rebus semua bahan hingga air tersisa setengahnya saja. Bagi menjadi tiga gelas masing-masing sebanyak seratus mililiter dan konsumsi tiga kali sehari masing-masing satu gelas. Nyeri sendi akibat dari asam urat sudah mulai sembuh dalam waktu satu minggu berkat ramuan ini.

Pengobatan Medis Untuk Asam Urat

Selain obat-obatan alami dari bahan tradisional di atas, pengobatan asam urat juga dapat menggunakan pengobatan medis. Pengobatan medis terutama lebih banyak digunakan pada era modern sekarang ini karena dinilai lebih praktis. Kita bisa mendapatkannya di apotek berdasarkan resep dokter dan tidak perlu meraciknya sendiri. Beberapa pengobatan medis untuk asam urat ini sekaligus menjadi pengobatan pertama dalam penanganan terhadap asam urat. Obat medis juga akan diresepkan oleh dokter yang menangani dan telah mendiagnosa bahwa seseorang dinyatakan menderita asam urat. Selain mengonsumsi obat, penting untuk beristirahat secara cukup agar sendi yang meradang tidak mengalami benturan. Sendi juga dapat dikompres dengan menggunakan es batu.

Obat asam urat dan kolesterol yang diresepkan oleh dokter biasanya adalah obat anti inflamasi non steroid atau OAINS. Termasuk dalam kategori obat OAINS ini adalah diclofenac, indomethacin, etoricoxib serta naproxen. Akan tetapi konsumsi dari OAINS juga dapat menyebabkan efek samping, beberapa di antaranya adalah gangguan pencernaan serta sakit maag. Agar efek samping yang ditimbulkan dapat diminimalisir, dokter biasanya akan turut meresepkan obat PPI atau penghambat pompa proton sebagai obat penyerta. Penderita asam urat juga harus mengikuti semua petunjuk dari dokter dalam mengonsumsi OAINS. Obat ini juga penting untuk terus dikonsumsi apabila asam urat belum mereda. Guna mencegah penyakit kambuh kembali, terus konsumsi OAINS dua hari setelah nyeri sendi mereda.

obat-herbal-untuk-asam-urat

Apabila penggunaan OAINS belum mampu mengobati tanda-tanda asam urat atau penderita asam urat tidak diperbolehkan mengonsumsi OAINS, maka dokter akan meresepkan obat lain yaitu colchicine sebagai pengganti OAINS. Fungsi utamanya sama seperti OAINS yakni meredakan pembengkakan serta rasa sakit pada sendi sebagai akibat dari asam urat. Tidak seperti OAINS yang dapat menyebabkan maag sebagai efek samping, colchichine relatif tidak menimbulkan efek samping tertentu. Akan tetapi apabila colchicine dikonsumsi dengan dosis tinggi, maka dapat terjadi beberapa efek samping juga seperti sakit perut, diare serta mual-mual.

Pada beberapa kasus asam urat parah yang tidak juga reda dengan colchicine, dokter akan meresepkan kortikosteroid. Obat ini dapat berpa tablet atau juga suntik yang bisa meredakan nyeri sendi pada penderita asam urat secara cepat. Penggunaan kortikosteroid dalam dosis rendah serta jangka waktu singkat relatif tidak akan menimbulkan efek samping. Akan tetapi penggunaan kortikosteroid dalam dosis tinggi serta jangka waktu yang lama dapat menimbulkan rasa lemas pada otot, penipisan tulang, kulit menjadi mudah memar serta berat badan naik. Agar dapat memperoleh obat yang sesuai, segera berobat ke dokter apabila telah terlihat gejala asam urat.

Pencegahan Asam Urat Secara Alami

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Terapkan beberapa cara pencegahan berikut agar penyakit asam urat tidak akan terjadi. Yang pertama adalah dengan menghindari makanan yang mengandung purin karena dapat meningkatkan asam urat dalam darah. Termasuk di antaranya adalah jeroan seperti jantung, ginjal, hati dan otak, makanan laut seperti kerang, udang dan kepiting, daging merah, ikan yang memiliki banyak minyak seperti sarden, teri dan makarel serta makanan yang kandungan raginya tinggi. Kurangi juga konsumsi camilan manis dan minuman beralkohol. Beberapa jenis minuman beralkohol yang dapat memicu asam urat tinggi di antaranya adalah whiski, vodka serta beer.

Selain menghindari sejumlah makanan tertentu, kurangi juga berat badan terutama apabila proporsi tubuh masuk dalam kategori obesitas atau kegemukan. Kondisi fisik yang seperti ini akan membuat seseorang rentan terkena penyakit asam urat. Jangan kesampingkan pula olahraga teratur agar tubuh senantiasa sehat dan bugar. Apabila tengah merasakan tanda-tanda asam urat akan tetapi ingin tetap menjaga kebugaran tubuh, lakukan olahraga yang tidak memberikan tekanan pada bagian sendi yang meradang. Pilih olahraga renang karena bisa menopang berat badan dan tidak memberikan tekanan terlalu banyak pada sendi. Selain itu, rutinlah minum air putih tiap hari sebanyak enam hingga delapan gelas. Konsumsi cukup air putih akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi sehingga memperlancar proses pembuangan asam urat lewat urin.

Beberapa jenis obat-obatan medis juga dapat dikonsumsi guna meringankan asam urat. Yang pertama adalah allopurinol. Obat ini berupa tablet minum yang dikonsumsi sekali sehari agar kadar asam urat dalam tubuh dapat menurun. Dosis obat ini bisa meningkat setiap tiga hingga empat minggu tergantung pada hasil pemeriksaan darah seseorang. Konsumsi allopurinol dapat mengakibatkan beberapa efek samping, di antaranya adalah sakit kepala, diare, ruam kulit serta gangguan pencernaan. Selain allopurinol, dapat pula dikonsumsi probenecid. Obat ini akan meningkatkan kemampuan organ ginjal dalam meembuang asam urat berlebih. Sama seperti allopuriniol, konsumsi probenecid juga dapat mengakibatkan efek samping, di antaranya adalah sakit perut serta ruam kulit.

About the Author Endah Setyarini

Assalamulaikum, Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel di blog ini. Semoga artikel yang saya tulis bisa memberikan manfaat untuk kalian.

follow me on:

Leave a Comment:

1 comment
Add Your Reply