Share Jika Bermanfaat
kadar asam urat normal

Makanan Penyebab Asam Urat

Kenali Makanan Penyebab Asam Urat, Makanan yang Diperbolehkan dan Obat Alami yang Dianjurkan.

Banyak orang yang mengalami asam urat. Bicara mengenai asam urat, sebenarnya asam urat adalah sebuah senyawa yang memang akan diproduksi oleh tubuh. Dalam hal ini, purin yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi senyawa asam urat. Lantas, bagaimana bisa asam urat dikatakan sebagai penyakit? Mengenai hal ini, penyakit asam urat atau dikenal juga sebagai gout bisa terjadi ketika adanya penumpukan senyawa tersebut pada persendian yang kemudian mengkristal. Dalam kadar asam urat yang tinggi, tentu saja peradangan persendian akan terjadi dan inilah yang disebut dengan gout atau penyakit asam urat tersebut.

makanan penyebab asam urat

Kemudian, untuk penderitanya, laki-laki yang berumur lebih dari 30 tahun mempunyai resiko terkena penyakit asam urat lebih tinggi jika dibandingkan dengan perempuan dengan umur yang sama. Akan tetapi, hal ini buka berarti bahwa perempuan tidak memiliki resiko terkena gout. Pada perempuan, resiko terkena asam urat akan semakin tinggi setelah mereka mengalami menopause. Sehingga tidak jarang pada wanita lansia, asam urat menjadi penyakit yang umum dialami.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Berbicara mengenai penyebab penyakit asam urat ini, disini ada beberapa hal yang bisa memicu seseorang terkena gout. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Konsumsi makanan mengandung purin tinggi

Hal yang paling sering terjadi yaitu banyak penderita asam urat mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Seperti yang telah disampaikan di atas jika purin nantinya akan diubah menjadi asam urat. Ketika jumlah purin banyak, maka asam urat yang dihasilkan pun akan banyak pula. Alhasil, kadar asam urat dalam tubuh melebihi kadar asam urat normal. Pada kondisi ini, penderita tentu akan mengalami peradangan pada persendian di bagian tubuh tertentu.

2. Penderita penyakit tertentu

Download Ebook Gratis

Bagaimana Toksin/Racun Bisa Merusak Tubuh Anda dan Temukan
Juga Cara Yang Tepat Untuk Membuang Toksin Yang Sudah
Menumpuk Didalam Tubuh Anda Selama Bertahun-Tahun.

Apabila seseorang telah menderita penyakit tertentu seperti diabetes, ginjal, dan hipertensi, maka si penderita akan lebih rawan terkena asam urat. Begitu pula dengan mereka yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas.

3. Faktor keturunan atau genetik

Faktor keturunan atau genetik menjadi hal lain yang bisa memicu penyakit asam urat. Jadi, apabila anggota keluarganya ada yang mengalami gout, bisa dimungkinkan seseorang memiliki gen yang sama yang mana akan lebih rentan terkena asam urat jika dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki riwayat asam urat dalam kesehatan keluarganya.

makanan untuk penderita asam urat

Kadar Asam Urat Normal

Berapa kadar senyawa asam urat normal yang harus dimiliki? Telah dijelaskan sebelumnya apabila penyakit asam urat bisa terjadi apabila seseorang memiliki kadar asam urat yang tidak normal. Maka dari itu, berikut penjelasan singkatnya mengenai kadar asam urat yang normal pada laki-laki, perempuan hingga anak-anak yang dihitung dalam satuan mg/dL atau miligram per desiliter.

Untuk laki-laki, kadar asam urat yang terbilang masih normal yaitu antara 3.4 mg/dL hingga 7.0 mg/dL. Lalu, pada perempuan, kadar normal dari asam urat sekitar 2.4 mg/dL hingga 6.0 mg/dL. Sedangkan untuk anak-anak, normalnya mereka memiliki kadar asam urat sekitar 2.0 mg/dL sampai dengan 5.5 mg/dL.

Apabila pada pemeriksaan kadar asam urat lebih tinggi dari angka yang telah disebutkan di atas, maka sebaiknya anda melakukan pengobatan lanjutan agar penyakit gout atau asam urat bisa tertangani dengan baik.

Ciri Asam Urat

Selanjutnya, untuk menambah pengetahuan anda mengenai penyakit asam urat ini, anda sebaiknya paham tentang beberapa ciri-ciri dari asam urat. Dengan mengetahui informasi yang satu ini, anda nantinya bisa tahu bagaimana seseorang saat terkena asam urat. Pengetahuan ini nantinya akan sangat membantu para penderita dalam melakukan treatment penyembuhan yang tepat.

1. Sendi terasa sakit secara tiba-tiba

Ciri asam urat yang pertama ialah persendian tiba-tiba akan terasa sakit. Dalam hal ini, tidak semua persendian akan mengalami gout. Yang paling sering ialah pada persendian jari tangan dan kaki, pergelangan kaki dan juga lutut.

2. Persendian sulit digerakkan

Karena mengalami sakit yang luar biasa, tidak jarang para penderitanya tidak bisa menggerakkan persendiannya seperti saat kondisi sehat. Maka tidak heran jika pada penderita gout yang alami peradangan pada persendian jari kaki, mereka akan kesulitan untuk berjalan.

3. Terjadi pembengkakan

Selain itu, pembengkakan pun akan terjadi pada daerah yang mengalami peradangan. Jadi, ketika peradangan terjadi pada persendian jari tangan, maka tangan akan membengkak.

4. Rasa panas dan kemerahan di kulit

Bukan hanya terjadi pembengkakan saja, para penderitanya pun akan merasakan panas pada daerah peradangan disertai dengan warna kemerahan di kulit penderita.

5. Kulit terkelupas, bersisik dan gatal

Setelah semua gejala reda, daerah peradangan pun kulitnya akan terkelupas, bersisik dan menimbulkan rasa gatal.

obat asam urat alami dari tumbuhan

Makanan Penyebab Asam Urat

Telah disebutkan sebelumnya jika penyakit ini bisa dipicu karena makanan yang dikonsumsi. Dalam hal ini, beberapa makanan yang mengandung purin tinggi adalah penyebab mengapa asam urat kambuh. Lantas, apa saja makanan yang bisa menyebabkan penyakit gout ini?

1. Makanan laut

Makanan laut menjadi makanan pertama yang dikenal bisa membuat asam urat kambuh. Seperti yang kita tahu jika cukup banyak makanan laut yang mengandung purin. Bahkan kerang, ikan teri, ikan asin dan tuna pun menjadi salah satu pemicu gout tersebut. Maka tidaklah heran jika para penderita penyakit asam urat sangat disarankan untuk menghindari makanan laut.

Akan tetapi, masih ada beberapa makanan laut yang cukup aman untuk dikonsumsi para penderita gout. Lobster, kepiting, udang dan belut termasuk dalam makanan laut yang diperbolehkan untuk dikonsumsi.

2. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol memang tidaklah sehat. Terlalu banyak konsumsi minuman ini dalam jangka waktu yang panjang akan menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan tak terkecuali penyakit asam urat. Artinya ialah mengkonsumsi minuman beralkohol akan memicu terjadinya penyakit gout tersebut. Sehingga hal yang paling baik dilakukan yaitu dengan menghindarinya.

3. Daging merah

Makanan penyebab asam urat lainnya yaitu daging merah. Dalam penelitian, daging merah memang mengandung purin yang tinggi sehingga akan sangat buruk bagi para penderita gout. Mengkonsumsi daging merah tersebut tentu saja akan menyebabkan asam urat menumpuk dan peradangan pada persendian pun terjadi. Beberapa jenis daging yang masuk dalam daging merah yaitu daging kambing, sapi dan kuda.

4. Jeroan

Kemudian, jeroan menjadi makanan yang bisa sebabkan penyakit asam urat. Jika penderita asam urat mengkonsumsi jeroan, maka kadar asam urat pun tinggi lalu terjadilah peradangan sendi dengan gejala yang telah disebutkan sebelumnya seperti sakit pada sendi hingga bengkak.

5. Makanan kaleng

Mengkonsumsi makanan kaleng secara berlebihan memang tidak disarankan. Apalagi untuk para penderita asam urat. Makanan kaleng seperti sarden dan kornet bisa memicu timbulnya penyakit gout tersebut.

Makanan untuk Penderita Asam Urat

Agar kesehatan para penderita asam urat terjaga, selain menghindari berbagai makanan pemicu gout, mengkonsumsi makanan sehat pun perlu dilakukan. Agar nantinya tidak salah pilih makanan, berikut ini ada deretan makanan untuk penderita asam urat.

1. Sayuran

Tentu saja sayuran menjadi makanan yang baik untuk kesehatan bahkan bukan hanya untuk para penderita asam urat saja tapi untuk semua orang. Kandungan gizi yang baik pada sayuran tentu saja akan membantu tubuh menjadi lebih sehat. Beberapa jenis sayuran yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita gout yaitu brokoli, wortel dan seledri.

Yang harus diingat dalam hal ini ialah ada beberapa sayuran yang jangan sampai dikonsumsi oleh penderita gout. Sayuran seperti melinjo, bayam, daun pepaya dan asparagus sangat disarankan untuk dihindari sebab sayuran tersebut justru bisa memicu asam urat.

2. Buah-buahan

Jika ada sayuran, pastinya akan ada buah-buahan. Buah memang sangat baik untuk kesehatan tubuh sehingga para penderita gout pun disarankan untuk konsumsi buah yang cukup banyak. Beberapa buah yang bisa dipilih untuk dikonsumsi yaitu pisang, alpukat, chery dan apel. Kandungan yang ada pada buah tersebut bisa membantu mengurangi gejala asam urat yang terjadi.

3. Makanan berserat tinggi

Makanan berserat tinggi pun menjadi makanan untuk penderita asam urat. Dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi, para penderita gout bisa menjaga kestabilan kadar asam urat dalam tubuh. Salah satu contoh makanan dengan kandungan serat yang tinggi tersebut ialah oats.

4. Air putih dan teh hijau

Ada juga air putih dan teh hijau yang baik bagi penderita gout. Keduanya tentunya tidak akan memicu tingginya kadar asam urat tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi air putih dan teh hijau bisa menjadi hal yang baik dilakukan oleh para penderita asam urat dalam menjaga kesehatannya.

5. Susu rendah lemak

Lalu, susu rendah lemak dapat menjadi pilihan yang tepat bagi para penderita asam urat. Kandungan gizi yang ada pada susu rendah lemak tersebut akan membantu kesehatan mereka.

Obat Asam Urat Alami dari Tumbuhan

Ada beberapa obat asam urat alami yang berasal dari tumbuhan di sekeliling kita. Obat alami ini bisa menjadi alternatif yang baik untuk menjaga kadar asam urat agar tetap normal.

1. Daun seledri

Selain biasa digunakan sebagai sayuran pelengkap dalam makanan, ternyata daun seledri pun memiliki khasiat yang baik bagi para penderita asam urat. Adanya kandungan seperti klorin, folat, sulfur, asam lemak esensial dan lainnya bisa membantu dalam pengobatan rematik dan juga asam urat.

2. Buah chery

Buah merah yang satu ini pun bisa menjadi pilihan obat alami untuk asam urat. Mengandung magnesium yang tinggi membuat buah chery mampu membantu atasi rasa nyeri pada sendi dan juga mengurangi adanya pembengkakan.

3. Daun sirsak

Bukan hanya daun seledri dan buah chery, daun sirsak pun memiliki khasiat yang baik untuk mengobati asam urat. Para penderita bisa meminum rebusan daun sirsak untuk mengurangi rasa sakit karena radang pada persendian. Mengkonsumsinya secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan para penderita gout atau asam urat.

4. Jahe

Jahe menjadi obat asam urat alami dari tumbuhan lainnya. Dengan jahe, tumpukan asam urat yang ada bisa dikeluarkan. Selain itu, manfaat jahe ini juga bisa membantu melancarkan aliran darah. Anda bisa mengkonsumsi jahe tersebut sebagai sup ataupun minuman.

Tubuh manusia seperti layaknya mesin yang selalu memproses setiap makanan yang masuk untuk di distribusikan sesuai dengan peruntukanya. Tapi ada kalanya makanan yang kita makan mengandung pengawet, pestisida, pewarna atau bahan-bahan lain yang bukan untuk di konsumsi, akibatnya system filter racun dalam tubuh kita terganggu. Untuk itulah, sebaiknya anda melakukan detox pada tubuh anda untuk membuang sisa-sisa racun yang menumpuk selama ini yang tanpa kita sadari berefek pada kesehatan kita, khususnya asam urat dan kolesterol. Untuk paket detox 20 hari, silahkan kunjungi langsingsehatalami.com.

About the Author Endah Setyarini

Assalamulaikum, Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel di blog ini. Semoga artikel yang saya tulis bisa memberikan manfaat untuk kalian.

follow me on:

Leave a Comment: