Share Jika Bermanfaat
Jahe

Pengobatan Asam Urat dan Makanan untuk Penderita Asam Urat

Apa yang anda ketahui mengenai asam urat? Asam urat itu sendiri merupakan sebuah senyawa yang bisa diproduksi oleh tubuh. Dalam hal ini, zat purin yang biasanya berasal dari beberapa jenis makanan akan diubah menjadi asam urat. Kemudian, adanya penyakit asam urat ini disebabkan karena kadar asam urat melebihi ambang batas normal sehingga menyebabkan peradangan pada persendian tertentu. Persendian yang sering terkena peradangan ini ialah pada jari kaki, tangan, pergelangan kaki dan juga lutut. Untuk anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai penyakit yang satu ini, simam ulasan tentang pengobatan asam urat dan makanan tepat bagi para penderitanya.

Sebelum membahas lebih jauh soal pengobatan dari penyakit ini, anda sebaiknya paham betul siapa saja yang beresiko terkena asam urat, gejala sampai mengenai penyebabnya. Penyakit yang satu ini akan sangat beresiko bagi laki-laki berumur lebih dari 30 tahun dan wanita yang telah menopause. Oleh karena itu, tidaklah heran apabila para penderitanya ialah mereka yang telah berumur.

Gejala penyakit asam urat ini sangat mudah dipahami. Ada beberapa ciri-ciri saat penyakit ini kambuh. Yang pertama ialah pembengkakan pada area persendian yang terkena peradangan. Nyeri sendi yang hebat pun akan terjadi kemudian rasa panas juga menjadi ciri lain dari kambuhnya penyakit asam urat tersebut.

Pengobatan Asam Urat

Mengenai penyebabnya, para penderita pada umumnya disebabkan oleh keturunan. Faktor genetik memang menjadi hal yang sangat menentukan sebab bagi anda yang mempunyai riwayat kesehatan keluarga dengan penyakit asam urat, maka resiko anda akan semakin besar. Begitu pula bagi penderita diabetes, obesitas maupun hipertensi. Bukan hanya itu saja, mereka yang suka konsumsi makanan mengandung purin sangat tinggi pun mempunyai resiko yang lebih besar terkena penyakit yang satu ini.

Cara Mengobati Asam Urat

Lantas, bagaimana cara untuk mengobati asam urat? Dalam hal ini, ada dua hal yang biasanya dilakukan. Pertama ialah anda bisa pergi ke dokter dan anda pun akan diberikan obat penurun kadar asam urat atau obat untuk meredakan gejala saat penyakit asam urat kambuh. Pengggunaan obat dengan golongan steroid merupakan obat yang biasa diberikan kepada para penderita asam urat.

Selain dari pengobatan modern, ada pula pengobatan asam urat secara alami. Disini, pengobatan secara alami ini menggunakan obat alami yaitu tanaman yang memiliki khasiat baik untuk kurangi gejala asam urat. Ada beberapa tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan asam urat mulai dari tanaman herbal hingga buah. Mengkonsumsi bahan herbal tersebut secara rutin tentu saja akan membuat kadar asam urat bisa terjaga dengan baik.

Herbal Asam Urat

1. Jahe

Download Ebook Gratis

Bagaimana Toksin/Racun Bisa Merusak Tubuh Anda dan Temukan
Juga Cara Yang Tepat Untuk Membuang Toksin Yang Sudah
Menumpuk Didalam Tubuh Anda Selama Bertahun-Tahun.

Tanaman herbal jahe bisa menjadi tanaman yang baik untuk kesehatan para penderita asam urat. Penggunaan bahan herbal yang satu ini memang sangat baik sebab kandungan yang ada dalam jahe bisa membantu meredakan nyeri saat asam urat kambuh. Seperti yang kita tahu bahwa ketika gejala asam urat kambuh, peradangan sendi akan terjadi dan dengan mengkonsumsi jahe, maka nyeri sendi pun bisa diatasi.

Kemudian, kandungan dalam jahe pun bisa membantu tubuh untuk mengeluarkan tumpukan asam urat yang menyebabkan timbulnya peradangan pada persendian. Cara pengeluaran asam urat tersebut ialah dengan melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh. Anda bisa membuat sup atau minuman jahe untuk dikonsumsi secara rutin.

2. Daun Sirsak

Daun sirsak menjadi herbal asam urat lain yang bisa anda pilih untuk meredakan nyeri sendi yang terjadi. Dalam daun sirsak, vitamin C dan vitamin A yang ada dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Oleh karena itu, ketika anda sedang alami gejala asam urat, anda bisa mengkonsumsi ramuan saun sirsak agar peradangan sendi yang terjadi tidak semakin parah.

Apabila anda ingin mengkonsumsi ramuan daun sirsak, anda bisa merebusnya dan meminum air rebusannya. Meminumnya secara rutin akan membantu anda mengatasi masalah asam urat.

3. Daun Seledri

Sayuran hijau yang satu ini tidak luput dari salah satu bahan yang baik untuk mengobati asam urat. Bahkan bukan hanya penyakit asam urat saja, rematik pun bisa diobati dengan daun seledri. Biasa menjadi sayuran pelengkap dalam masakan, seledri ternyata mengandung berbagai macam kandungam yang ampuh atasi masalah asam urat. Beberapa kandungan tersebut yaitu folat, sulfur, asam lemak esensial, klorin dan masih banyak lagi. Anda bisa konsumsinya dengan cara direbus.

4. Buah Cherry

Buah cherry bisa menjadi cara mengobati asam urat selanjutnya. Dalam buah cherry, ada kandungan magnesium yang cukup tinggi sehingga baik untuk membantu tubuh atasi masalah asam urat. Dengan mengkonsumsi buah merah mungil ini, rasa nyeri yang terjadi akibat peradangan pada sendi pun akan berkurang. Selain itu, kandungan yang ada dalam cherry mampu mencegah inflamasi atau pembengkakan yang makin parah.

5. Cengkeh

Ada pula cengkeh yang bisa digunakan sebagai olesan saat gejala asam urat kambuh. Tumbukkan cengkeh yang dicampur dengan jahe bisa anda gunakan untuk mengurangi rasa nyeri serta inflamasi yang terjadi.

Makanan untuk Penderita Asam Urat

Makanan untuk Asam Urat

Selain melakukan pengobatan seperti yang telah dijelaskan di atas, para penderita pun sebaiknya memperhatikan makanan yang diasup. Seperti yang telah diketahui bahwa tidak semua makanan baik untuk kesehatan para penderita asam urat. Maka dari itu, berikut ini ada daftar makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi para penderita asam urat.

1. Buah-buahan

Buah-buahan menjadi makanan pertama yang sangat baik untuk para penderita asam urat. Beberapa buah seperti pisang, apel, alpukat hingga cherry sangat direkomenasikan. Kandungan baik yang ada dalam buah-buah tadi tentu saja akan membantu para penderita asam urat untuk dapatkan kadar asam urat yang normal sehingga tidak akan alami peradangan pada persendian mereka.

2. Sayuran

Bukan hanya itu saja, sayuran juga menjadi makanan untuk asam urat lain yang baik bagi kesehatan para penderita asam urat. Tentu saja sayuran akan baik untuk kesehatan sebab jenis makanan ini telah dikenal sejak dahulu sebagai makanan yang harus dikonsumsi semua orang. Sayuran seperti brokoli, wortel dan seledri bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, anda pun harus hati-hati dalam hal ini karena ada beberapa macam sayuran yang justru memicu kambuhnya asam urat misalnya saja adalah melinjo, bayam, buncis dan daun pepaya.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon pun menjadi makanan yang sebaiknya dikomsumsi oleh para penderita asam urat. Kandungan baik yang terkandung dalam ikan salmon bisa membantu anda untuk menjaga kadar asam urat tubuh agar tetap normal. Disarankan anda yang memiliki penyakit asam urat mengkonsumsi ikan salmon secara teratur.

4. Susu rendah lemak

Anda yang memiliki penyakit asam urat pun bisa menurunkan kadar asam urat yang tinggi dengan meminum susu rendah lemak. Mengkonsumsinya secara teratur tentu saja akan berikan manfaat yang baik untuk tubuh.

5. Air putih dan teh hijau

Ada pun air putih dan juga teh hijau yang bisa berikan manfaat baik bagi para penderita asam urat. Meminum air putih yang cukup setiap harinya ditambah dengan minuman teh hijau, anda bisa mengontrol kadar asam urat dalam tubuh. Anda pun bisa menurunkan kadar asam urat yang ada dengan meminum air putih dan teh hijau.

6. Makanan tinggi serat

Bukan hanya itu saja, makanan dengan kandungan serat yang tinggi menjadi makanan lain yang direkomendasikan untuk dikonsumsi para penderita asam urat. Mengkonsumsinya secara rutin tentu saja bisa membantu anda untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Oats menjadi salah satu contoh makanan berserat tinggi.

Makanan Pantangan Asam Urat Agar Tidak Kambuh

Jika ada makanan yang disarankan untuk dikonsumsi, maka ada pula makanan yang harus dihindari oleh para penderita asam urat. Apa saja makanan yang sebaiknya jangan dikonsumsi tersebut? Ulasan lengkap mengenai hal tersebut ada sebagai berikut.

1. Jeroan

Jeroan terkenal mengandung koelsterol tinggi dan bukan hanya itu saja, jeroan pun mengandung zat purin yang akan memicu kambuhnya gejala asam urat. Jika para penderita asam urat mengkonsumsi jeroan, apalagi secara berlebihan maka peradangan sendi pun akan terjadi. Oleh karena itu, menghindari makanan ini menjadi pilihan paling tepat.

2. Ragi

Makanan lain yang sebaiknya dihindari jika anda tidak ingin terkena asam urat yaitu ragi. Semua makanan yang mengandung ragi seperti tape pun jangan dikonsumsi. Apabila penderita asam urat mengkonsumsinya, maka nyeri sendi yang disertai dengan bengkak dan kemerahan bisa terjadi.

3. Daging merah

Bagi anda yang suka daging merah dan memiliki resiko terkena asam urat yang tinggi, maka anda mulai sekarang harus menghindari makanan yang satu ini. Kandungan purin yang sangat tinggi pada daging merah akan memicu peradangan sendi yang parah. Beberapa contoh daging yang termasuk dalam daging merah yaitu daging sapi, kambing dan juga kuda.

4. Minuman beralkohol dan sofdrink

Kedua minuman tersebut wajib dihindari oleh para penderita asam urat. Mengkonsumsi keduanya apalagi secara berlebihan akan memicu naiknya kadar asam urat yang kemudian membuat peradangan sendi pun bisa terjadi.

5. Makanan kaleng

Makanan keleng seperti sarden dan kornet akan lebih baik untuk dihindari sebab bisa memicu gejala peradangan sendi. Jadi, bagi anda yang menderita asam urat bisa memilih makanan lain yang lebih sehat.

6. Seafood atau makanan laut

Makanan laut atau biasa disebut dengan seafood menjadi makanan pantangan asam urat yang tidak boleh dikonsumsi untuk penderita asam urat. Kerang, ikan asin, ikan teri dan ikan tuna menjadi beberpaa contoh seafood yang mengandung purin tinggi sehingga akan sangat mudah menaikkan kadar asam urat dalam tubuh. Akan tetapi, ada beberapa contoh seafood yang masih bisa dikonsumsi yaitu udang, lobster, kepiting dan belut.

About the Author Endah Setyarini

Assalamulaikum, Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel di blog ini. Semoga artikel yang saya tulis bisa memberikan manfaat untuk kalian.

follow me on:

Leave a Comment: